“Cloth Inovation Center ”
 

 A.    ANALISIS
a.    Analisis jenis usaha
Pasar yang mudah dijangkau dan tidak banyak makan biaya angkut. Bisnis konveksi sangat menjanjikan untuk bisa dikembangkan. Saat ini banyak konveksi yang hanya skala mikro dan hanya beberapa unit untuk usaha koveksi skala kecil, dengan masa (waktu) produksi yang cukup lama dalam satu pesanan (order). Hal ini menjadi peluang potensial untuk membuka bisnis konveksi dengan skala kecil - menengah. Bisnis yang kami rencanakan ini akan membuat konsumen tidak hanya puas dengan harga yang relatif murah, namun konsumen juga akan puas dengan motif yang ditawarkan dan masa pengerjaan yang tidak terlalu lama. sehingga konsumen akan menjadi loyal. Hal ini akan di pantau dengan kuesioner bagi setiap konsumen di Konveksi Cloth Inovation Center .

b.      Analisis SWOT (Strangth, Weakness, Opportunities dan Treath)
1.    Strangth (Kekuatan)
Tersedianya tenaga profesional di wilayah rencana produksi, dan tersedianya tenaga penunjang lainnya.

2.    Weakness (kelemahan)
Masih kurangya kapasitas produksi yang saat ini sudah berjalan, yang berarti harus adanya penambahan peralatan / aset untuk menambah kapasitas produksi yang maksimal.
3.    Opportunities (peluang)
Tingginya permintaan produk pakaian menjadikan usaha ini akan berhasil dalam jangka waktu menengah - panjang, karena melihat permintaan yang cukup tinggi pada saat tahun ajaran baru dan saat menjelang hari raya dan hari – hari besar lainnya.

4.    Treath (ancaman)
Tidak ada ancaman dalam bisnis konveksi jika dalam suatu wilayah dapat menciptakan managemen yang solid, dengan kata lain bahwa setiap pengusaha konveksi skala rumahan yang ada diwilayah tersebut dapat menjadi mitra, sebagai tambahan untuk kapasitas produksi.

B.       RENCANA PRODUKSI
1.         Produk unggulan
a)    Seragam Olahraga Sekolah (PAUD, TK, TPA, Madrasah, SD, SMP, SMA, Instansi Pemerintahan, BUMD, BUMN, dan Swasta.
b)   Seragam Sekolah (PAUD, TK, TPA, Madrasah, SD, SMP, SMA, Instansi Pemerintahan, BUMD, BUMN, dan Swasta.
c)    Seragam PDH Instansi Pemerintahan, Dll

2.         Sasaran utama produksi
1)             Kantor Pemerintahan Daerah Kabupaten Bangka Selatan
2)             Perusahaan Swasta
3)             Perusahaan BUMD-BUMN
4)             Kantor Desa Se Bangka Selatan
5)             SMA Negeri Se Bangka Selatan
6)             SMA Swasta Se Bangka Selatan
7)             SD Negeri Se Bangka Selatan
8)             Taman Kanak Kanak Se Bangka Selatan
9)             PAUD Se Bangka Selatan
10)         Madrasah / TPA Se Bangka Selatan

3.         Produk pengembangan
a)    Baju Olahraga Team (voly, Futsal, Bola Kaki, Dll)
b)   Rompi Olahraga Team (voly, Futsal, Bola Kaki, Dll)
4.         Lokasi
Bentuk bisnis kami adalah bisnis konveksi yang market utama adalah Instansi dan Sekolah atau lembaga yang ada di Kabupaten Bangka Selatan, kami merencanakan lokasi bisnis kami di pasar Desa Rias, lokasi yang dekat dan mudah dijangkau oleh para karyawan.

5.         Lay out
Menyesuaikan dengan tempat yang tersedia.

6.         Rencana tim produksi
Dari data lapangan yang kami peroleh bahwa tersedia 10 penjahit profesional dan 10 penjahit penunjang produksi.

7.         Pemasok / suplay bahan baku
Kami mempunyai 1 suplayer kain katun, olahraga, dan lain-lain. Dan untuk selanjutnya kami akan mencari 1 suplayer lagi sebagai cadangan akan ketersediaan bahan baku yang diperuntukan saat kebutuhan meningkat atau terjadi kekosongan bahan baku di salah satu suplayer.

C.    RENCANA PEMASARAN
1.         Analisis target pelanggan/ konsumen
Target pelanggan kami adalah sekolah-sekolah wilayah desa rias dan kabupaten bangka selatan, kantor pemerintah daerah, perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

2.         Strategi  penentuan harga
a.         Penentuan harga dengan cara mengimbangi harga yang saat ini diterapkan oleh konveksi yang sudah berjalan
b.        Pemberian diskon 5 % dari harga
c.         Pemberian tambahan diskon 5% bagi pelanggan yang membawa pelanggan baru.

3.         Strategi  promosi
a.         Penjualan personal (Personal Selling)
Dengan secara personal kami melakukan penjualan dengan tidak banyaknya konsumen yang kami rencanakan, dengan membawa beberapa contoh produk kami menawarkan langsung pada calon pelanggan atau konsumen kami.
b.        Hubungan Masyarakat (publik relation)
Promosi kami juga dengan mengenalkan, membangun citra produk dan memberi kesan yang baik pada masyarakat lewat jejaring sosial facebook, Instagram, Blog dan lain-lain, untuk pemesanan langsung datang ke tempat produksi atau untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor costumer service yang kami sediakan.


D.      RENCANA KEUANGAN
1.         Biaya penambahan aset (pembelian mesin):
NO
URAIAN
UNIT
HARGA SATU
JUMLAH
1
Mesin jahit
3
4.000.000,-
12.000.000,-
2
Mesin obras
1
4.500.000,-
4.500.000,-
3
Mesin kancing
1
1.200.000,-
1.200.000,-
4
Mesin Lubang
1
1.200.000,-
1.200.000,-
5
Jarum
25 Pak
30.000,0
750.000,-
JUMLAH


19.650.000,-

2.         Biaya operasional per bulan
NO
URAIAN
UNIT
JUMLAH
1
Listrik
1 Bulan
200.000,-
2
Penyusutan mesin
10% / Bulan
420.000,-
3
Transportasi (bensin) pengiriman Barang
1 Bulan
200.000,-
4
Biaya makan siang karyawan x 7000
1 Bulan
1.820.000,-
5
Biaya jahit baju / pcs Rp. 8.000
1.000 pcs
8.000.000,-
6
Biaya jahit training / pcs  Rp. 7.000
1.000 pcs
9.000.000,-
JUMLAH

19.640.000,-

3.         Biaya bahan baku
NO
URAIAN
UNIT
Harga satuan
Jumlah
1
Kain olahraga
250 kg
P.E 60.000
15.000.000
2
Kain trening
250 kg
Tebal 53.000
13.250.000
3
Benang jahit
15 lusin
24.000
360.000
4
Benang obras
4 gulung
24.000
96.000
5
Kancing
10 bks
10.000
100.000
6
Plastik kemasan
5 pak
70.000
350.000
7
Sablon
1.000 stel
4.000
4.000.000
JUMLAH
33.156.000
* Asumsi bahan untuk 1.000 Pcs
* per kg bahan menjadi 3-4 pcs baju / celana
 
4.         Jumlah biaya perbulan secara keseluruhan baju olahraga
Jumlah biaya bahan baku                                        Rp.  33.156.000
biaya operasional                                                     Rp.  19.640.000
Jumlah keseluruhan                                              Rp.  52.794.000

5.         Jumlah biaya perbulan secara keseluruhan (produksi seragam sekolah merah putih) bahan naomi
Jumlah biaya bahan baku                                        Rp.  28.550.000
biaya operasional                                                     Rp.  19.640.000
Jumlah keseluruhan                                              Rp.  48.190.000

6.         Estimasi harga jual
Rata – rata harga jual adalah per stel:
a)    Seragam sekolah pramuka standard                 Rp. 300.000,-
b)   Seragam sekolah pramuka high                        Rp  450.000,-
c)    Seragam sekolah merah/biru/abu                      Rp.  200.000 satuan / 150.000 partaian
d)   Seragam olahraga sekolah                                Rp.  SD 90 rb/SMP 100 rb/SMA 125 rb
e)    Seragam dinas / kantor                                     Rp.  350.000 – 550.000 satuan
f)    Seragam olahraga team                                    Rp.  120.000
g)   Rompi team                                                      Rp.  20.000

TOTAL PENDAPATAN                              Rp.  90.000.000
SELURUH BIAYA PENGELUARAN      Rp.  52.794.000 -
KEUNTUNGAN PERBULAN                    Rp.  37.206.000
*sample pendapatan dihitung dari
  Perhitungan baju olahraga 1.000 pcs


TOTAL PENDAPATAN                              Rp.  150.000.000
SELURUH BIAYA PENGELUARAN      Rp.  48.190.000 -
KEUNTUNGAN PERBULAN                    Rp.  101.810.000
*sample pendapatan dihitung dari
  Perhitungan seragam sekolah merah putih 1.000 pcs




E.       ESTIMASI KAPASITAS PRODUKSI (10 MESIN JAHIT)
NO
KETERANGAN
KAPASITAS PRODUKSI PERMESIN
JUMLAH MESIN
JUMLAH PRODUKSI PER HARI
1
Baju olahraga SD, SMP, SMA
15 stel
10
150 stel
2
Baju olahraga team
15 stel
10
150 stel
3
Baju pramuka, merah, biru, abu
10 stel
10
100 stel
4
Pakaian dinas / PDH
1
10
10 stel


F.       TAWARAN / AJUAN KERJASAMA
1)        Cooperation Sustainable (kerjasama berkelanjutan)
Kerjasama tak terhenti selama dana usaha yang diberikan untuk pembelian aset dan penunjang lainnya masih dapat digunakan unutk berproduksi.

*Seluruh Biaya Bahan Baku dan Biaya Operasional di tanggung oleh investment (penanam modal). dan laba bagi hasil dari management cloth inovation center dan unit produksi masing – masing berkewajiban mengurangi 5% dari pembagian laba untuk kepentingan Sosial dan Pendidikan Anak Yatim.

Penawaran presentase bagi hasil laba:
40 % Tim Produksi
60 % Investment Cloth Inovation Center
Selama aset masih dapat berproduksi. Presentase diberikan setiap order selesai dikerjakan.

Simulasi:
1000 pcs kaos olahraga                            pendaftaran kotor Rp. 90.000.000,-  
Rp. 90.000,- per pcs                     oprasional & bahan baku  Rp. 52.794.000,-   -
                                                                 Estimasi laba        Rp. 37.206.000,-

 G.      Rencana Managemen Keuangan Cloth Inovation Center
60 % dijadikan 100%.
Dalam jangka waktu yang belum bisa di tentukan, Management Cloth Inovation akan memprioritaskan terhadap penambahan Asset (mesin) sebagai penunjang agar kapasitas produksi dapat terus bertambah.

35  % Investment Cloth Inovation Center
55  % penambahan aset
10  % pengembangan SDM

Jika dalam jangka waktu tertentu, jika mesin penunjang kapasitas produksi telah sesuai harapan, presentase akan berubah menjadi:

20  % Investment Cloth Inovation Center
30  % penambahan aset
10  % pengembangan SDM

G.      MANAGEMEN CLOTH INOVATION CENTER
Gambar Struktur Personalia

MANAGER
FRENGKI FERA, SE
BENDAHARA
ROFIKOH
BAGIAN PRODUKSI
1. OPAN
2. NURDIN
3. ZAINAL
4. FEBI
5. LIA
6. USUP
7. WIWIT
8. FULAN
KEPALA
PRODUKSI KONTROL
AGUS SUGIAT
ROHIDIN
 
Spesifikasi pekerjaan karyawan
a.    Marketing (1 marketing) bertugas sebagai berikut:
1.      Menawarkan produk pada konsumen.
2.      Bertanggung jawas atas semua pembayaran barang.
3.      Menentukan harga yang lebih spesifik.
4.      Menentukan nilai lebih pada setiap produk.
5.      Menampung semua keluhan dan masukan dari pelanggan.
6.      Melaporkan pada tim kreatif tentang kekurang produk.
7.      Melaporkan semua penerimaan uang, pada bagian keuangan.

b.   Bagian keuangan (1 orang) bertugas sebagai berikut:
1.      Mencatat semua keluar masuk nya uang
2.      Memberikan upah pada semua karyawan
3.      Mengabsen untuk semua karyawan
4.      Menyiapkan dana untuk pengeluaran per hari maupu per bulan

c.    Pemotong kain (2 orang) bertugas :
1.  Memotong kain sesuai pola yang telah di buat tim kreatif atau sesuai dengan permintaan konsumen.

d.   Bagian Produksi (10) bertugas :
1.      Menjahit kain yang telah di potong sesuai desain
2.      Memasang riesleting

e.    Penyetrika (1 0rang) bertugas:
1.      Menyetrika baju yang telah di obras
2.      Melipat baju dengan rapi
3.      Memasukkan kedalam plastik\
4.      Mengikat dengan tali baju-baju yang telah di masukkan kedalam palstik


Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

2 komentar:

 
Top